PROSES PENCIPTAAN NABI ADAM AS

Sabtu, 15 Januari 2011

PROSES PENCIPTAAN NABI ADAM AS


Ibnu Abbas RA mengatakan : allah menciptakan jasad Adam AS. dari beberapa bagian bumi (dunia), yaitu:
  1. Kepalanya berasal dari tanak Ka’bah
  2. Dadanya berasal dari tanah bagian bumi.
  3. Punggung dan perutnya dari tanah Hindi (India).
  4. Kedua tangannya berasal dari tanah Masyriq (bagian timur).
  5. Kedua kakinya berasal dari tanah Maghribi (bagian barat).
Dalam riwayat lain lagi, Ibnu Abbas RA berkata : Allah SWT. menciptakan Adam AS dari :
  1. Kepalanya daritanah Baitul Maqdis
  2. Wajahnya dari tanah surga
  3. Kedua telinganya dari tanah bukit Thursina
  4. Dahi (kening)nya dari tanah Iraq
  5. Giginya dari tanah telaga Kautsar
  6. Tangan kanan beserta jarinya dari tanah Ka’bah
  7. Tangan kirinya dari tanah Paris (Persia)
  8. Kedua kaki dan bahunya dari tanah Hindi
  9. Tulangnya dari tanah pegunungan
  10. Auratnya dari tanahBabilon
  11. Punggungnya dari tanah Iraq
  12. Perutnya dari tanah Khurasan (Afghanistan)
  13. Hatinya dari tanah surga Firdaus
  14. Lisannya dari tanah Thaif
  15. Kedua matanya dari tanah Telaga.
Hikmah dari diciptakannya itu adalah :
Kepalanya daritanah Baitul Maqdis, dijadikan sebagai tempatnya akal, kecerdasan dan untuk bicara. Adapun kedua telinganya dari tanah bukit Thursina, maka dijadikan sebagai alat untuk mendengarkan nasihat. Sedangkan dahinya berasal dari tanah Iraq, maka dijadikan sebagai alat untuk bersujud kepada Allah SWT. Wajahnya berasal dari tanah surga,dijadikan sebagai tempatnya kecantikan dan perhiasan. Adapungiginya berasal dari telaga kautsar, maka dijadikan sebagai tempat yang manis-manis (kenikmatan). adapun tangan kanannya dari tanah Ka’bah,dijadikan sebagai tempat barokah, maunah (pertolongan), penghidupan dan kedermawanan. Sedangkan tangan kirinya berasal dari tanah Paris (Persia), maka dijadikan sebagai alat untuk bersuci dan istinja’. Perutnya berasal dari tanah Kautsar, maka dijadikan sebagai tempatnya lapar dan haus. Adapun auratnya berasal dari tanah Babilon,maka dijadikan sebagai tempatnya syahwat, berkhianat dan berdusta. Adapun tulangnya berasal dari tanah pegunungan, maka dijadikan sebagai tempat yang keras. adapun hatinya berasal dari tanah surga Firdaus, maka dijadikan sebagai tempatnya keimanan. dan Adapunlisannya berasal dari tanah Thaif, maka dijadikan sebagai tempat bersaksi (syahadah), tawadhu, serta untuk berdo’a kepada Allah SWT.

Allah menciptakan 7 lubang pada kepala manusia yaitu : 2 lubang mata, 2 lubang telinga, 2 lubang hidung dan satu lubang mulut. dan mendiptakan 2 lubang pada badan manusia, : Lubang qubul dan Dubur.
Dan Allah menciptakan panca indra sebanyak 5 yaiyu: mata untuk melihat, dua telinga untuk mendengar, mulut untuk merasakn, dan tangan untuk meraba serta hidung untuk mencium.
Dijelaskan dalam Hadits : Ketika Allah ingin meniupkan ruh pada Adam AS, maka diperintahlah ruh untuk masuk ke dalam tubuh Adam As. Ruh pun masuk ke dalam tubuh Adam mulai dari otaknya dan dia berputar-putar di dalamnya selama 200 (duaratus) tahun, lalu ruh turun pada mata sehingga Adam dapat melihat dirinya yang masih berupa lumpur yang kering. dan ketika ruh sampai di telinganya maka terdengarlah malaikat membaca tasbih. kemudian ruh turun ke hidung, maka Adampun bersin, dan setelah selesai bersin ruh turun ke mulut, lidah dan telinganya, maka Allah ajarkan untuk berkata: ALHAMDULILLAAH (segala puji bagi Allah) dan Allahpun menjawab: YARHAMUKA RABBUKA YAA ADAM (Semoga Tuhanmu merahmatimu hai Adam), kemudian ruh turun lagi ke dadanya, maka Adam mencoba untuk berdiri tetapi tidak mampu lalu Allah pun berfiman:
WAKAANAL INSAANU ‘AJUULA
“Dan adalah manusia itu (sangat) tergesa-gesa”.
Dan ketika ruh sampai pada perut, Adam merasa lapar dan ingin makanan, setelah itu ruh pun menyebar keseluruh jasad Adam, hingga jadilah daging, darah dan ototKemudian Allah memberikan pada Adam pakaian dari kuku yang setiap hari bertambah keelokan dan kecantikannya. Tatkala Adam berbuat dosa, Allah menggannti kuku tersebut dengan kulit, tapi masih ada sedikit yang tertinggal pada ujung jari untuk mengingatkan asal muasal kejadian Adam AS.
Setelah Alla menyempurnakan kejadian Adam, Adam diberi ruh dan diberikan pakaian dari surga dan Nur Muhammad bersinar pada wajahnya bagaikan bulan purnama. Lalu Adam diletakkan pada  keranda dan diangkat oleh para malaikat, dan Allah Ta’ala berfirman: “Bawalah dia berputar mengelilingi langit, supaya dia mengetahui indahnya langit dan apa saja yang ada pada langit hingga bertambah keyakinannya”. Para malaikat menjawab:
RABBANA SAMI’NA WA ATHA’NA
“Wahai Tuhan Kami, kami mendengar (perintah-Mu) dan kami patuh (kepada-Mu)”.
Para malaikat lau membawa Adam mengelilingi langit selama kurang lebih 100 tahun.
Allah lalu menciptakan kuda yang terbuat dari misik putih yang semerbak mewangi, kuda tersebut dinamakan Maimun, dia mempunyai dua sayap yang terbuat dari intan dan marjan. Adam lalu menaiki kuda tersebut, sedang Jibril memegang kendalinya, Mikail berada di sebelah kanannya dan Israfil di sebelah kirinya. Mereka berputar-putar mengelilingi seluruh penjuru langit dan Nabi Adam memberi salam kepada Malaikat: ASSALAMU’ALAIKUM (Semoga keselamatan bagi kalian) dan para malaikat pun menjawab : WA”ALAIKUMUS SALAAM (Semuga keselamatan juga bagimu)
lalu Allah SWT. berfirman :
“Wahai Adam, salam ini merupakan penghormatan kepadamu dan anak cucumu yang beriman (mu’min) sampai datang hari kiamat”.
Wallahu’alam Bissowab……
Dari Kitab “DAQOIQUL AKHBAR”
Karya  Al Imam Abdurrahin bin Ahmad a-Qodhiy

0 coment:

Posting Komentar